Anda merasa heran ketika tiba-tiba timbul bercak-bercak kemerahan pada kulit, apabila disertai dengan beberapa gejala diantaranya rasa panas terbakar atau mungkin terasa pedih dan gatal-gatal. Janganlah asal dalam memberikan obat-obatan tanpa memahami masalah apa yang sedang diderita.

Pada beberapa fakta bintik warna merah pada kulit hanya menimpa anggota-anggota tertentu saja dari badan misalnya tangan, kaki, wajah, akan tetapi bintik-bintik merah terkadang bisa timbul dimanapun. Sifat bintik kemerahan pada bagian kulit mempunyai bermacam jenis tergantung sumber penyebabnya.

Penyebab Timbulnya Bintik-bintik Merah Terhadap Kulit

Di Bawah ini jenis-jenis kondisi medis atau penyakit yang dapat menjadi sebab munculnya bintik-bintik merah pada kulit.

1. Alergi

Biasanya bintik merah itu muncul pada saat kulit setelah menggunakan bahan tertentu misalnya aneka kosmetik, pakaian dan lain sebagainya, bisa juga muncul sehabis memakan santapan tertentu atau mengkonsumsi obat-obatan yang dapat memancing reaksi alergi.

Apabila memakai bahan yang langsung pada kulit maka area kulit tersebut yang dapat terkena, namun apabila penyebab alergi dikonsumsi, maka bisa muncul bintik kemerahan pada bagian seluruh kulit tubuh. Suhu udara yang dingin pun bisa menjadi penyebab alergi seperti biduran.

2. Iritasi

Hampir serupa dengan alergi, bedanya jika iritasi memerlukan beberapa kali kontak dan konsentrasi zat pada ukuran tertentu dimana kulit tidak bisa menahan terhadapnya sehingga terjadilah reaksi iritiasi yang diawali dengan kulit kemerahan serta menimbulkan rasa sakit disebut sebagai dermatitis kontak iritan.

3. Biang Keringat

Pada biang keringat, ataupun ruang panas, terlihat beberapa bintik merah pada kulit yang terasa gatal serta perih. Umumnya hal ini sering menyerang pada balita, akan tetapi dapat terjadi terhadap semua usia.

4. Kondisi Iklim

Iklim yang sangat kering serta dingin bisa menimbulkan bintik kemerahan pada kulit, terlebih pada wajah karena kulit yang terlalu sering terkena panas serta kering. Maka dari itu akan dengan cepat kehilangan kelembaban. Beberapa kasus mengalami bintik-bintik pada wajah sesudah mandi hangat pada cuaca dingin.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Mengenakan baju kotor ataupun tidak pernah dicuci, padahal setelah dipakai untuk berbagai kegiatan berat dapat mengakibatkan bintik kemerahan dan kulit terasa gatal. Hal tersebut terjadi dikarenakan pakaian yang kotor menjadi sumber kuman sehingga dapat mengakibatkan infeksi dan radang pada kulit yang membuat muncul bintik-bintik kemerahan pada kulit, apabila hal ini berlanjut bisa menimbulkan infeksi yaitu impetigo dan bisul.

6. Terkena Matahari

Jika kulit terkena sinar ultraviolet dari matahari dalam jumlah yang cukup banyak, maka hal ini akan dapat mengakibatkan kulit menjadi merah, nyeri ataupun mengembangkan rasa sakit.

7. Purpura/Petechiae

Munculnya bintik-bintik ungu agak kemerahan pada bagian kulit yang terjadi ketika pembuluh darah kecil bocor (darah merembes ke kulit) serta sangat rapuh. Masalah ini merupakan gejala dari banyak kondisi misalnya meiningococcema, sindrom rubella kongenital, penyakit autoimun , penyakit autoimun mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kinerja dalam aliran darah, vaskulitis dan lainnya. Penyakit demam berdarah pun bisa mengakibatkan bintik-bintik merah pada kulit.

8. Rosacea

Bintik yang muncul di dahi, hidung atau bibir mungkin penyebabnya adalah rosacea. Hal ini pun bisa mengakibatkan benjolan yang di dalamnya nanah yang tampak di bawah kaki. Meskipun sumber penyebabnya belum diketahui secara pasti, diyakini bahwa hal tersebut dipicu oleh penggunaan obat-obatan, mandi dengan air panas, minum miras, pancaran sinar matahari yang terlalu sering, mengonsumsi hidangan pedas dan juga stress tinggi.

9. Bawaan Lahir

Penyebab tanda lahir atau Hemangioma adalah prolifesi pembuluh darah akan terlihat seperti bintik-bintik kemerahan pada kulit yang menyatu, terkadang kebiruan, terlihat sesudah anak lahiran, walaupun dalam beberapa fakta bisa muncul pada tahun selanjutnya.

10. Ruam Popok

Bintik berwarna merah yang ada pada kulit yang dijumpai pada area popok balita yang pada umumnya kita sebut sebagai ruam popok. Penyebab dari ruam popok tersebut timbul disebabkan alergi, infeksi, iritasi serta kelembapan.

11. Campak

Tanda-tanda penyakit campak, bintik warna merah akan tampak pada bagian kulit beberapa hari pada saat tubuh terasa demam. kondisi seperti ini dapat mengakibatkan sakit pada tenggorokan, masuk angin, kecapean dan mata berair. Campak
ialah suatu infeksi virus yang bisa menyebar dengan cepat. Tanda awal terlihat sekitar sepekan setelah infeksi awal yaitu munculnya bintik-bintik kemerahan pada kulit sesudah sang anak terkena demam yang seringnya dikarenakan oleh campak jerman.

12. Gigitan Serangga

Semut, nyamuk, kutu, tungau serta serangga lain dapat menyebabkan bintik-bintik warna merah pada kulit setelah digigit. Hal tersebut pun dapat menyebabkan reaksi alergi pada bagian kulit yang dapat menyakitkan atau gatal.

Dikarenakan banyaknya penyebab bintik-bintik merah pada kulit, kemungkinan Anda merasakan kesulitan dalam memilih keadaan mana yang sedang Anda alami. Oleh karena itu periksalah ke dokter supaya dapat dilakukan diagnosis yang tepat. Sehingga bisa memudahkan Anda untuk memperoleh penanganan yang sesuai dengan keadaan.

Demikian Uraian mengenai sebab timbulnya bintik-bintik warna merah pada kulit. Semoga dapat berguna. Jazzakumullah.

Penyebab Bercak Ruam di Permukaan Kulit, Cari Tahu Macam-macam Solusinya yang Mudah Untuk Diterapkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *