Akhlak ialah budi pekerti, sikap, moral serta tabiat yang kita tunjukkan sehari-hari. Ada akhlak mulia atau akhlak terpuji, namun ada pula akhlak tercela atau akhlak yang buruk. Sebagai Muslim yang beriman, sudah seharusnya kita mencontoh Rasulullah yang memiliki akhlak Al Quran atau sesuai dengan Al Quran. Ini artinya, akhlak beliau sungguh terpuji serta dapat dijadikan contoh serta pedoman bagi kita semua. Istilah akhlak sendiri sebenarnya memiliki arti yang luas, dimulai dari hubungan dengan Allah serta hubungan sesama makhluk biotik serta non biotik. Akhlak dibagi ke dalam dua kategori, yaitu akhlak kepada Allah serta akhlak pada makhluk ciptaan-Nya. Akhlak mulia pada Allah bermakna untuk meyakini segala sesuatu yang berasal dari manusia serta memohon ampunan apabila ada kesalahan. Segala sesuatu yang berasal dari Allah juga patut untuk disyukuri. Jadi, manusia harus selalu bersyukur serta memohon ampunan pada-Nya. Sementara akhlak mulia pada makhluk terangkum dalam dua perkara, yaitu mengulurkan tangan pada amal kebajikan serta menahan diri dari segala perbuatan serta perkataan tercela.

Contoh Akhlak Mulia

Akhlak yang mulia akan membuat seseorang dapat mengeluarkan kata-kata bijak untuk kebaikan sesama. Ada beberapa contoh akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Pertama adalah bertaqwa. Perintah untuk bertaqwa terdapat dalam Quran Surat Al Ahzat ayat 70, di mana orang-orang yang beriman diperintahkan untuk bertaqwa pada Allah. Kedua adalah menjauhi zina. Zina ialah perbuatan yang keji serta membawa seseorang pada kerusakan. Hal ini disebutkan pula dalam Quran Surat Al Isra ayat 32. Akhlak mulia berikutnya adalah tidak minum khamr atau miras serta berjudi. Perintah ini tertuang dalam Quran Surat Al Maidah ayat 90 dan 91. Disebutkan bahwa khamr, judi, berhala serta mengundi nasib ialah perbuatan keji dan termasuk dalam perbuatan syaitan. Menjauhi hal-hal tersebut akan membuat kita mendapat keberuntungan. Perbuatan-perbuatan itu terutama akan membuat seorang Muslim tidak lagi mengingat Allah serta meninggalkan shalat, sehingga harus dihentikan serta dihindari. Berbakti pada kedua orangtua juga termasuk dalam akhlak yang terpuji. Disebutkan dalam Quran Surat Al Isra ayat 23 bahwa seorang anak hendaknya tidak membentak orangtua serta hanya mengucapkan perkataan yang baik.

Aneka Macam Akhlak Mulia

Akhlak mulia berikutnya adalah bersedekah. Orang yang menafkahkan harta di jalan Allah akan diibaratkan seperti sebutir benih yang akan menumbuhkan tujuh tangkai, kemudian pada tiap tangkai akan muncul seratus biji. Ini artinya, Allah akan melipatgandakan ganjaran bagi siapapun yang bersedekah di jalan-Nya. Akhlah terpuji juga daapt dalam bentuk berkata jujur pada orang lain. Disebutkan dalam Quran Surat Az Zumar ayat 33 dan 34 bahwa orang-orang yang membawa kebenaran serta membenarkannya adalah orang-orang yang bertaqwa. Orang-orang yang jujur ini juga akan berada di sisi Rabb mereka dan termasuk orang-orang yang akan mendapat balasan kebaikan di akhirat kelak. Terakhir, akhlak terpuji dapat pula tercermin dari sikap sabar. Dikatakan dalam Quran Surat Al Anfal ayat 46 bahwa tiap Muslim dilarang untuk saling berbantah-bantahan yang akan membuat mereka menjadi gentar serta hilang kesabarannya. Ayat ini juga sekaligus memberi tuntunan pada umat Muslim agar menjauhi debat yang tidak perlu karena debat termasuk dalam kegiatan berbantah-bantahan. Agar lebih memahami seputar akhlak yang baik, tentu kita harus semakin memperdalam ilmu agama. Hal ini juga akan mempermudah kita dalam menjadi hamba yang akhlakul kharimah.

 

Pengertian dan Contoh Akhlak Mulia
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *