Untuk bisa mengetahui apakah seseorang positif menderita diabetes atau tidak, akan dilakukan cek gula darah. Pengecekan biasa dilakukan di rumah sakit oleh dokter dan menggunakan alat khusus. Namun seiring majunya teknologi, kini juga terdapat alat cek gula darah yang bisa digunakan sendiri di rumah. Caranya juga tidak sulit karena ada buku petunjuk yang dapat kita ikuti langkah-langkahnya. Harganya juga terbilang tidak mahal. Apalagi untuk tujuan kesehatan seperti mengecek kadar gula dalam darah, tentunya alat ini sangat bermanfaat sehingga harga tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Terdapat setidaknya enam alat untuk mengetes kadar gula dalam darah. Jika memang kadar gula terbukti tinggi dan kita positif menderita diabetes, maka segera konsumsi obat diabetes kering sebagai tindak penanganan.

Macam-macam Alat Cek Gula Darah

Alat cek gula darah terdiri dari single parameter serta multi parameter. Untuk alat single parameter biasanya hanya dapat digunakan untuk mengetes kadar gula. Sementara alat multi parameter akan dapat memeriksa kadar gula, darah tinggi, asam urat atau kolesterol.

  1. Alat pertama yang bisa kita manfaatkan adalah Easy Touch GCU. Alat ini dapat digunakan untuk memeriksa tiga item sekaligus, yaitu gula darah, kolesterol serta asam urat. Proses pemeriksaan juga berlangsung cepat. Hasilnya akan dapat dengan mudah dibaca serta dipahami. Kelebihan lain adalah tampilan layar yang tampak lebar. Hanya butuh waktu 10 detik untuk memeriksa gula darah, 20 detik untuk memeriksa asam urat serta 150 detik untuk memeriksa kolesterol. Baterainya tahan lama serta dapat digunakan hingga 1000 kali periksa darah.
  2. Berikutnya ada Nesco Multicheck. Alat ini juga bisa digunakan untuk memeriksa gula darah, asam urat serta kolesterol. Penggunaanya praktis serta tampilan LCD cukup besar. Yang istimewa lagi adalah garansi seumur hidup.
  3. Alat tes khusus gula darah lainya ialah Easy Touch GCHb. Alat ini akan dapat mengetes gula darah, hemoglobin hingga kolesterol. Pemantauan hemoglobin sendiri dirancang khusus untuk pengukuran kuantitatif kadar Hb dalam kapiler darah.
  4. Ada lagi alat tes bernama Autocheck GCU 3 in 1. Alat ini dapat mengecek kadar gula darah, kolesterol dan asam urat. Harganya termasuk terjangkau sehingga banyak dipilih oleh konsumen.
  5. Kita juga bisa memilih GEA Autocheck untuk mengecek kadar gula, kolesterol serta asam urat sekaligus. Alat terbuat dari bahan yang berkualitas sehingga aman serta mudah dalam digunakan.
  6. Terakhir ada Accu-Check Kit. Alat ini dapat digunakan untuk terapi gula darah naik tinggi. Accu-Check dapat digunakan dalam mengontrol kadar gula darah agar kita tetap sehat.

 

Kisaran Harga Alat Cek Gula Darah

Kisaran harga untuk alat cek gula darah ini bervariasi tergantung dari merk serta spesifikasi yang diusung. Makin lengkap fiturnya tentu akan makin tinggi harganya. Rentang harganya sendiri ada di angka Rp150.000 hingga Rp500.000. Jika kita menemukan kesulitan dalam memahami buku petunjuk, kita dapat melihat tutorial cara penggunaan di YouTube. Terdapat beberapa video yang akan membantu kita dalam menggunakannya. Demikian adalah beberapa model dan harga untuk alat khusus pengecekan gula darah. Alat kesehatan ini terbilang penting bagi kita, terutama bagi kita yang sudah pernah menderita penyakit diabetes. Pengukuran yang cepat tanpa harus pergi ke rumah sakit akan membantu kita dalam mengendalikan penyakit serta menjaga agar kita bisa tetap hidup sehat.

Alat Cek Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *