Rumah minimalis kerap dijadikan pilihan utama sebagai tempat tinggal di kota besar. Alasannya tentu karena kota besar identik dengan lahan kosong yang terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk dibuat rumah yang ukurannya besar. Rumah bergaya minimalis memang identik dengan ukuran yang mungil. Rumah ini juga menjadi pilihan pertama bagi pasangan baru atau orang yang baru pertama kali memiliki rumah. Dengan ukuran minimalis, sudah pasti biaya yang diperlukan dalam pembuatan serta pembelian rumah tidak akan setinggi rumah yang lebih besar. Walau rumah minimalis identik dengan ukuran mungil, namun dengan penataan interior rumah yang tepat, hunian ini takkan kalah nyaman dan menyenangkan untuk ditempati dibanding rumah ukuran besar. Yang perlu diperhatikan pertama dari interior bangunan minimalis ialah jumlah ruangannya tidak banyak dan ukuran dari masing-masing ruangan juga terbatas. Diperlukan trik tersendiri agar lahan yang ada bisa dimaksimalkan untuk segala kebutuhan.

Trik Menata Interior Rumah Minimalis

Kita dapat berkonsultasi pada jasa desain interior untuk memberi masukan terkait interior yang tepat untuk rumah minimalis. Penataan rumah minimalis sendiri bergantung pada beberapa hal. Untuk menyiasati ruangan yang terbatas, gunakan cat dinding yang warnanya cerah dan lembut agar dapat memberi kesan ruangan yang luas. Selain itu, gunakan juga furniture yang ukurannya sesuai, yaitu kecil sampai sedang. Untuk ruang tamu, pilih sofa set berbentuk letter L yang menempel ke dinding. Penataan ini akan memberi lebih banyak ruang gerak pada ruang tamu dan membuat ruangan tampak lebih luas. Hindari penggunaan terlalu banyak hiasan dinding maupun meja pada interior rumah minimalis. Hal ini akan membuat rumah tampak penuh sesak dan terlihat sempit. Jika ingin menggantung frame foto ataupun hiasan dinding lainnya, pilih yang ukurannya kecil agar tidak menyita banyak tempat di dinding. Jangan lupa untuk memastikan tiap ruangan mendapat pencahayaan yang baik serta penerangan yang cukup. Ruangan yang kecil serta gelap akan memberi kesan pengap sehingga menimbulkan rasa tidak betah bagi penghuninya.

Eksterior dan Interior Rumah Minimalis

Tidak sebatas pada interior rumah saja, namun eksterior dari rumah minimalis juga harus diperhatikan. Kita bisa memanfaatkan halaman belakang rumah untuk dibuat kebun atau taman mungil. Tidak perlu lahan yang luas, karena sekarang taman gantung telah menjadi solusi bagi pemilik rumah minimalis yang menginginkan taman hijau sendiri. Pilih tanaman yang berkuran kecil sehingga tidak menyita banyak tempat. Kita bisa menambahkan tanaman hijau ataupun tanaman bunga aneka warna. Tujuannya tentu agar rumah minimalis semakin terlihat cantik dan asri. Taman gantung menggunakan media tanam pot-pot kecil yang penempatannya digantung pada dinding sehingga tidak membutuhkan banyak tempat di tanah. Eksterior rumah juga termasuk halaman depan. Taman gantung juga dapat ditempatkan di halaman depan. Desain garasi rumah apabila diperlukan pada rumah minimalis akan cukup untuk memuat setidaknya satu mobil. Secara keseluruhan, rumah minimalis akan tampak lebih menawan berkat penataan yang tepat dan trik dalam menyiasati terbatasnya lahan yang tersedia. Tanpa mengesampingkan fungsi dari rumah itu sendiri dan tiap ruangan di dalamnya, rumah minimalis tetap dapat didekorasi sehingga menjadi hunian yang nyaman. Kita juga bisa mencari inspirasi dekor rumah minimalis dari internet atau meminta bantuan pada desainer interior profesional. Semuanya tentu dilakukan agar tempat tinggal yang dimiliki semakin nyaman untuk dihuni.

 

Interior Rumah Minimalis
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *