Penyakit kolesterol adalah kondisi dimana tingkatan kolesterol yang berada di dalam darah berjumlah lebih tinggi dari tingkatan yang seharusnya. Manusia dikatakan memiliki kolesterol yang normal jika mereka berada di tingkatan kolesterol diantara 160 mg hingga 200 mg. Jika diperhatikan dengan seksama, kolesterol memiliki warna putih yang menyerupai lilin dan melekat pada dinding sel darah. Kolesterol berasal dari himpunan lemak yang tadinya diproduksi oleh hati. Kolesterol tidak dikatakan berbahaya jika kolesterol tersebut berada dalam keadaan yang normal. Dalam keadaan normal, kolesterol dapat digunakan dalam pembuatan hormone steroid dan dapat menguatkan dinding membrane sel. Kolesterol di dalam tubuh terbagi menjadi tiga jenis, trigliserida, kolesterol HDL dan kolesterol LDL. Di kesempatan kali ini, kita akan membahas secara menyeluruh mengenai kolesterol jahat atau LDL dan bagaimana cara untuk mengatasi kolesterol jahat tersebut.

Penyebab Timbulnya Kolesterol LDL

Kolesterol LDL atau Low Density Lipoprotein lebih dikenal sebagai lemak jahat oleh masyarakat. LDL merupakan lemak yang melekat pada pembuluh darah dan memiliki jumlah yang cukup banyak. Lemak tersebut tidak hanya dapat melekat pada pembuluh darah tetapi dapat pula mengambang karena jumlahnya yang terlalu banyak. Kolesterol LDL sendiri dibentuk oleh Apo-B atau apolipoprotein-B. Jika seseorang memiliki kandungan lemak yang amat tinggi, mereka membutuhkan obat kolesterol tinggi untuk mengurangi kandungan lemak jahat yang bersarang di dalam pembuluh darah. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kolesterol, simak penjelasan mengenai penyebab dari penyakit kolesterol berikut ini:

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh berpotensi menyebabkan penyakit kolesterol. Timbunan lemak tersebut mampu menimbulkan kolesterol LDL yang membahayakan. Mentega, kuning telur, kerrang, belut, gorengan, coklat, cumi-cumi, caramel dan kepiting merupakan sumber makanan yang harus dihindari.

  • Berat badan yang berlebih

Kolesterol yang tinggi biasa dialami oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih. Mereka yang memiliki berat badan berlebih dapat menyimpan lemak dalam jumlah yang banyak. Pembentukan LDL akan semakin besar dan kesehatan dapat terganggu dengan kandungan LDL yang besar tersebut.

  • Bertambahnya usia

Penyebab lain yang dapat memicu terjadinya kolesterol jahat adalah semakin bertambahnya usia. Bertambahnya usia membuat kinerja organ juga menurun dan tak mampu bekerja dengan seharusnya.

  • Faktor genetic

Mereka yang memiliki keturunan mengidap penyakit kolesterol memiliki kesempatan yang besar untuk mengidap penyakit tersebut.

  • Jenis kelamin

Jika dibandingkan dengan pria, wanita memiliki kesempatan yang besar untuk menderita penyakit kolesterol. Apalagi jika wanita tersebut telah memasuki usia menopause, kesempatan menderita penyakit kolesterol jauh lebih besar jika dibandingkan dengan wanita yang belum memasuki usia menopause.

Cara Alami Menurunkan Kolesterol LDL

Selain mengkonsumsi obat-obatan, ada cara alami yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam darah. Cara alami tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan di bawah ini:

  • Oat bran

Oat bran merupakan lapisan terluar biji oat. Makanan yang kaya akan serat tersebut mampu mengurangi LDL hingga 20 mg.

  • Flaxseed

Makanan alami ini juga mampu mengurangi kandungan LDL di dalam pembuluh darah. Hanya dengan menaburkan flaxseed tersebut pada makanan yang diasup, kandungan LDL dapat terkontrol.

  • Niacin

Niacin atau dikenal sebagai vitamin B3 merupakan vitamin yang efektif dalam menurunkan LDL di dalam darah. Niacin dapat diperoleh dari sumber makanan yang dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Daging sapi, asparagus, salmon dan dada ayam merupakan makanan yang kaya akan vitamin B3.

Cara Alami untuk Mengatasi Kolesterol LDL
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *