Semua jenis operasi termasuk caesar memiliki beberapa risiko. Salah satunya adalah pendarahan. Caesar adalah tindakan operasi besar di perut dan daerah panggul, sehingga komplikasi dan harus kembali lagi kerumah sakit kadang terjadi. Akan tetapi jarang menjadi suatu komplikasi yang serius dari operasi caesar jika direncanakan dengan baik , dan seorang ibu dalam keadaan bugar dan sehat. Ibu yang baru saja melakukan tindakan operasi caesar bisa mengalami lebih banyak kehilangan darah daripada kelahiran normal. Kebanyakan perdarahan akan pada saat operasi sehingga akan dikelola oleh dokter Anda. Meskipun perdarahan berat sangat jarang terjadi, akan tetapi kemungkinan besar berarti Anda harus mendapatkan transfusi darah. Tidak hanya merasakan sakit setelah dilakukannya proses operasi caesar, ibu ibu yang baru saja melakukan operasi caesar juga dapat dihadapkan dengan masalah baru yakni luka bekas operasi sesar. Luka ini harus dilakukan pengobatan secara rutin agar pemulihannya lebih cepat. Luka dari bekas operasi biasanya akan meninggal bekas di perut seperti garis garis halus ataupun yang lainnya. Memang operasi caesar lebih mengeluarkan biaya yang lebih mahal, namun ada beberapa kondisi dimana seorang ibu tidak bisa melahirkan normal. Demi keselamatan ibu dan bayinya harus di ambil tindakan operasi caesar.Operasi caesar dinilai lebih steril dibandingkan dengan melahirkan normal.

Berapa lama luka bekas operasi caesar bisa sembuh

Pertanyaan ini sering kita dengar dari para pasien yang telah selesai menjalani proses persalinan dengan cara operasi / bedah caesar.Tentu untuk sebagian ibu menjalani proses persalinan caesar merupakn hal menakutkan. Pasalnya pengobatan setelah operasi caesar ada beberapa tahap, sehingga menimbulkan pertanyaan tetang berapa lama luka bekas operasi caesar akan sembuh. Perlu anda ketahui, setiap individu memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Sehingga dalam proses pemulihan pun tidak dapat ditentukan kapan, karena semua bergantung pada tingkat keparahan luka yang didapat. Selain itu juga, ada beberapa penyakit yang bisa memperlambat penyembuhan luka operasi caesar, seperti salah satunya penyakit gula darah / diabetes.Umumnya penyembuhan luka bekas operasi caesar akan berlangsung selama ± 4-6 minggu setelah operasi caesar.  Namun untuk sembuh total atau pulih 100%, maka akan dibutuhkan waktu ± 3 bulan (12 minggu). Setelah 3 bulan, penelitian menyatakan bahwa luka sayatan bekas operasi caesar (dari kulit hingga ke rahim) akan menyembuh 100% jika tidak ada komplikasi setelah operasi caesar.Setelah operasi, anda akan disarankan untuk lebih banyak beristirahat dan dilarang untuk melakukan beberapa pekerjaan berat agar tidak mengenai luka, yang dapat mengakibatkan beberapa hal fatal. Untuk itu anda harus istirahat dan dengan teratur minum obat agar pemulihan anda bisa diproses dengan cepat.

Tips agar luka bekas operasi caesar cepat sembuh

Kebanyakan dari ibu ibu yang akan melakukan oeprasi caesar, takut akanluka bekas operasi caesaryang dalam perawatannya membutuhkan perhatian khusus. Untuk itu disini kami akan memberikan beberapa tips agar bekas operasi caesar anda bisa sembuh lebih cepat. Namun anda harus tetap menggunakan obat operasi caesar secara teratur agar pemulihan anda bisaberjalan dengan lancar.

  • Gerak-gerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan
  • Mengelola emosi dengan baik
  • Merawat luka bekas operasi dengan baik dan benar
  • Mencukupi waktu istirahatmu
  • Konsumsi makanan yang tinggi serat
  • Pintar-pintarlah dalam memilih makanan
  • Mengenali apa saja tanda-tanda bahaya

 

 

Pengobatan Untuk Meringankan Luka Bekas Operasi Caesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *