Mungkin bagi orang tua yang selalu memperhatikan tumbuh kembang putra-putri nya akan mengetahui bahwa ada yang tidak beres dengan anaknya, ada gejala-gajala anak susah makan dan akhirnya anak kekurangan gizi sehingga mudah sakit karena daya tahan tubuhnya lemah. Hal ini tentu saja membuat anda khawatir tentu saja. Kemudian para orang tua yang sudah dibuat jengkel dengan anak yang sulit makan mencari apa faktor-faktor yang menjadi penyebab anak susah makan. Anak susah makan tidak hanya disebabkan karena anak sering main dengan teman-temannya sehingga lupa waktu untuk pulang dan makan. Namun banyak pakar anak yang menyebutkan bahwa berdasarkan penelitian terdapat beberapa faktor yang menyebabkan anak sulit untuk diajak makan.

Apa Saja Faktor Yang Menjadi Penyebab Anak Susah Makan?

Menurut beberapa penelitian, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi atau menjadi penyebab anak susah makan, faktor tersebut bisa dibagi menjadi beberapa segi yang kemudian cukup memberikan pengaruh bagi tumbuh kembang anak anda:

  1. Dari segi pergaulan sosial. Anak bisa menjadi susah makan karena di rumah ia sering main dengan teman-temannya sehingga lupa waktu untuk makan dan karena keasyikan main sehingga tidak mau makan. Ini membuat anda sangat kesusahan.
  2. Dari segi kesehatan. Kemungkinan anak kurang nafsu makan karena ada hormon peningkat nafsu makan tidak bekerja dengan maksimal. Salah satu cara agar nafsu makan anak meningkat adalah dengan membuat beberapa ramuan yang tradisional namun berkhasiat dan tidak menyebabkan efek samping. Ramuan yang dimaksud adalah campuran temulawak yang sudah dihaluskan dengan gula kemudian direbus hingga airnya menyusut. Ramuan ini tentunya memiliki rasa yang enak dan tidak pahit sehingga anak suka. Namun jika kurang lagi bisa menambahkan zat yang bisa menambahkan gizi pada tubuh, anda bisa mencarinya di pusat linkvazi jual gizidat linkvazi
  3. Dari segi psikologis. Anak sulit makan bisa jadi disebabkan oleh adanya faktor perhatian dari keluarga. Keluarga saat anak mulai berkembang dewasa tidak memberikan perhatian bahkan hanya seringkali ditinggalkan bersama dengan pengasuh atau neneknya sehingga kedekatan dengan orang tua semakin lama semakin berkurang hingga akhirnya orang tua tidak bisa mengasuh anak mereka sendiri.

Faktor Kurangnya Kasih Sayang Menjadi Salah Satu Penyebab Anak Susah Makan

Terkadang orang tua cenderung tidak memperhatikan bagaimana pola asuh dari pengasuh kepada anaknya, karena sibuk bekerja banyak orang tua yang menitipkan anak kepada pengasuh yang jelas pola asuhnya akan berbeda dengan pola asuh orang tua sendiri sehinggasetelah anak dewasa nanti merasa bahwa orang tua tidak pernah memberikan kasih sayang yang cukup. Banyak anak yang tidak hanya susah makan karena orang tua yang jarang memperhatikan bahkan ada juga anak yang broken home atau tidak mau tinggal di rumah dan cenderung menjadi anak yang tidak menurut kepada orang tua. Penyebab anak susah makanharusnya menjadi bahan pertimbangan bagi anda yang sering sibuk bekerja di kantor untuk lebih memperhatikan anak anda. Jika memiliki waktu luang biasakan menemani anak makan agar anak anda merasa diperhatikan oleh orang tua. Selain itu faktor kesehatan juga harus diperhatikan, jika anak masih juga sulit untuk diajak makan maka seperti tips yang ada diatas yaitu bisa membuat ramuan temulawak sendiri. Temulawak adalah salah satu tanaman obat-obatan herbal yang dipercaya memiliki kandungan yang bisa menambah nafsu makan. Ramuan ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja melainkan juga untuk lansia yang susah makan.

Faktor-Faktor Yang Menjadi Penyebab Anak Susah Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *